Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jawaban Dari Gambar dan Laporan Uji Energi Panas Matahari

 Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Jawaban Dari Gambar dan Laporan Uji Energi Panas Matahari ".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Begitu banyak sumber energi yang ada di bumi, salah satu diantaranya merupakan sumber energi yang paling besar di bumi. Apakah kalian tahu sumber energi yang terbesar yang ada di bumi itu apa?

Sumber energi terbesar di bumi adalah Matahari. Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan manusia. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.

 

Amatilah gambar berikut!

 


1.       Dari gambar diatas apa yang diceritakan gambar tersebut?

Seorang ibu yang menjemur pakaian dengan memanfaatkan panas matahari. Terlihat juga seorang pria yang berolahraga di ruang terbuka. Di ruang terbuka, manusia dapat menghirup oksigen yang dihasilkan tumbuhan, lalu mengeluarkan karbondioksida.

2.  Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

- Mengeringkan pakaian. Alasannya, matahari mengeluarkan energi panas yang dapat mengeringkan benda yang basah, termasuk pakaian.

-  Menghasilkan vitamin D. Matahari menghasilkan vitamin D, dengan begitu sangat bagus berjemur di bawah panas matahari pagi.

-  Sinar matahari untuk fotosintesis. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

3.   Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

Matahari adalah sumber penerangan. Matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari. Dengan penerangan cahaya matahari, manusia dapat melakukan berbagai aktivitas.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

Seorang ibu yang menjemur pakaian dengan memanfaatkan panas matahari. Terlihat juga seorang pria yang berolahraga di ruang terbuka. Di ruang terbuka, manusia dapat menghirup oksigen yang dihasilkan tumbuhan, lalu mengeluarkan karbondioksida.

Ada banyak manfaat matahari dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, matahari dapat mengeringkan pakaian. Matahari mengeluarkan energi panas yang dapat mengeringkan benda yang basah, termasuk pakaian.

Matahari juga menghasilkan vitamin D. Dengan begitu, sangat bagus berjemur di bawah panas matahari, terutama di pagi hari.

Sinar matahari juga berfungsi untuk fotosintesis bagi tumbuhan, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

Manfaat lain matahari bagi kehidupan manusia adalah sumber penerangan. Matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari. Dengan penerangan cahaya matahari, manusia dapat melakukan berbagai aktivitas.

 

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!


Tabel pengamatan.

 

Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?

Jawaban: Ada. Benda yang dijemur di bawah terik matahari lebih cepat mengering daripada benda yang dijemur di bawah pohon.

Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu

  1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di bawah panas matahari lebih cepat kering.
  2. Tisu di bawah panas matahari lebih cepat kering.
  3. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari langsung, sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
  4. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.

Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!

Laporan Kegiatan Percobaan

 

Nama Percobaan

:

Uji Energi Panas Matahari

 

Tujuan Percobaan

:

Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi

 

Alat-alat

:

Kertas, tisu, dan sapu tangan

 

Langkah Kerja

:

1.       Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lember kertas

2.      Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh

3.     Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit.

 

Hasil Percobaan

:

Sapu tangan, tisu, dan kertas yang dijemur di tempat panas selama 15 menit masih basah, saat 30 menit tisu dan kertas sudah mengering, sedangkan sapu tangan baru mulai menegering, saat 60 menit sapu tangan, tisu, dan kertas sudah kering semua.

Sapu tangan, tisu, dan kertas yang dijemur di tempat teduh selama 15 menit masih basah, saat 30 menit sapu tangan, tisu, dan kertas masih basah, dan saat 60 menit tisu dan kertas mulai mengering, sedangkan sapu tangan masih basah.

 

Kesimpulan

:

Benda-benda basah yang diletakkan di tempat panas akan lebih cepat kering dibandingkan dengan benda-benda basah yang diletakkan di tempat teduh.

 

Setelah kalian melakukan percobaan dengan benda-benda diatas, kalian juga dapat melakukan percobaan tersebut dengan benda-benda lain yang ada di sekitar kalian. 

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Jawaban Dari Gambar dan Laporan Uji Energi Panas Matahari"