Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Laporan Hasil Wawancara

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Contoh Laporan Hasil Wawancara".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua. 

Indonesia memiliki banyak sekali ragam jenis hewan, bahkan ada hewan khas yang hanya ada di Indonesia yaitu komodo. Adakah hewan khas di daerah kalian? Cobalah cari tahu mengenai karakteristik hewan, kaitannya dengan tempat hidupnya, serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan.

Fikri dan teman-temannya akan melakukan wawancara kepada Pak Besari tentang hewan asli Indonesia, yaitu komodo. Hasil wawancaranya dapat dilihat seperti dibawah ini.  


        I.        Latar Belakang

Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang hewan-hewan yang yang ada di sekitar tempat tinggal kami.

      II.        Maksud dan Tujuan

Tujun dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh informasi dan memperdalam pemahaman kami tentang hewan yang ada disekitar tempat tinggal kami. Informasi yang akan kami cari meliputi: karakteristik hewan, kaitannya dengan tempat hidupnya, serta hak dan kewajiban terhadap lingkungan.

    III.        Topik Wawancara

Hewan  di Sekitar Tempat Tinggalku

   IV.        Waktu dan Tempat Kegiatan

Wawancara ini dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal : Kamis, 2 Januari 2020

Waktu : pukul 08.00 – 09.00

Tempat : Desa Golo Mori

     V.        Laporan Hasil Wawancara

-          Narasumber: Bapak Besari

-          Pewawancara: Fikri, Lani, Mahmud, Raya

-          Hasil Wawancara:

Pada hari Kamis, 2 januari 2020, pukul 08.00 – 09.00, kami melakukan wawancara kepada Bapak Besari tentang hewan-hewan di sekitar tempat tinggalku. Beliau menceritakan bahwa banyak hewan yang saat ini diburu untuk dimanfaatkan untuk kepentingan komersil. Jika terus dibiarkan, hewan-hewan yang jumlahnya masih banyak juga akan mengalami penurunan jumlah bahkan kepunahan.

Salah satu hewan yang kami cari tahu informasinya adalah komodo. Komodo merupakan kadal terbesar yang hidup di dunia. Komodo sangat langka dan di alam liar ditemukan hanya di lima pulau, yaitu: Kepulauan Komodo, Rinca, Gili Montang dan Gili Dasami – semua berada dalam Taman Nasional Komodo – dan pulau Flores, di mana Komodo menjelajah dengan bebas.

Beliau menjelaskan bahwa komodo komodo dapat dijadikan sebagai seni untuk membuat kerajian yang bernillai mahal. Oleh sebab itu komodo banyak diburu untuk dijual kulitnya. Keberadaan komodo yang sangat langka dan hanya ada dibeberpa pulau saja mejadikan komodo sebagai hewan yang dilindungi.

Beliau berpesan bahwa kita sebagai warga negara mepunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melesatarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Mendirikan taman nasional
  2. Melarang perburuan dan perdagangan
  3. Memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang perlindungan dan pelestarian hewan langka
  4. Melakukan penangkaran heewan-hewan langka

Dengan melindungi hewan langka kita dapat menjaga keseimbangn ekosistem dan melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.

   VI.        Kesimpulan

Melestarikan hewan merupakan tugas dan kewajiban kita sebagai manusia. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan-hewan langka untuk keberlangsungan kehidupan dimuka bumi serta dapat melestarikan keanekargaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.

 

Itulah salah satu contoh laporan hasil wawancara sesuai dengan format yang sudah kita pelajari sebelumnya. 

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Hasil Wawancara"