Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gerak Dasar Tendangan dalam Pencak Silat

 Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Gerak Dasar Tendangan dalam Pencak Silat".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) setiap empat tahun sekali. Pencak silat juga dipertandingkan dalam ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) sejak tahun 1987. Pada 13 Desember 2019, Pencak Silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage). Hal ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam memajukan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat)

Setelah kalian berlatih teknik dasar langkah, teknik pukulan, dan teknik tangkisan dalam pencak silat, sekarang kita akan mempelajari gerak dasar tendangannya. Amati gambar dan baca penjelasannya!


Gerak Dasar Tendangan

1.       Tendangan lurus

Tendangan lurus menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.

2.       Tendangan tusuk

Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki.

3.       Tendangan jejak

Disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke sasaran dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.

4.       Tendangan T

Hampir sama dengan tendangan lurus, yakni menggunakan sebelah kak dan tungkai. Lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada tumit, telapak kaki, dan sisi luar telapak kaki. Tendangan ini biasanya digunakan untuk serangan samping dengan sasaran seluruh bagian tubuh.



Perhatikanlah peragaan yang dilakukan oleh guru dengan teliti, setelah kalian paham gerakannya kalian bisa mencoba mempraktikkannya. Seorang pesilat membutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam melatih setiap gerakan. Kamu pasti bisa melakukannya apabila terus berlatih. 

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Gerak Dasar Tendangan dalam Pencak Silat"