Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keragaman Ekonomi Indonesia (2)

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Keragaman Ekonomi Indonesia (2)".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Pada artikel sebelumnya, Artikel Guru membahas 4 macam aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia, yaitu : (1) aktivitas ekonomi di bidang pertanian, (2) aktivitas ekonomi di bidang peternakan, (3) aktivitas ekonomi di bidang perikanan, dan (4) aktivitas ekonomi di bidang kehutanan. Tahukah kalian selain 4 aktivitas ekonomi tersebut masih ada beberapa aktivitas ekonomi lainnya?

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya!


Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)

Kondisi wilayah Indonesia mengakibatkan keragaman aktivitas ekonomi penduduk. Terdapat empat macam aktivitas ekonomi, yaitu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Selain empat jenis tersebut, masih ada jenis aktivitas ekonomi berikut.

1.       Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertambangan



Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.

Potensi barang tambang ini hendaknya dikelola dengan optimal bagi kemakmuran rakyat. Barang tambang bersifat tidak dapat diperbaharui sehingga perlu dieksplorasi dengan bijak. Ketersediaan barang tambang harus dijaga bagi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Selain itu, perlu dicari sumber daya alam alternatif agar sumber daya alam tidak lekas habis.


2.       Aktivitas Ekonomi di Bidang Industri

Amatilah aktivitas industri di lingkungan sekitar tempat tinggalmu! Apa yang dapat kamu simpulkan dari aktivitas tersebut? Industri merupakan usaha mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah bersumber dari sumber daya alam. Adanya aktivitas industri dapat meningkatkan nilai dan kualitas suatu barang. Aktivitas industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun badan usaha. Contoh industri di Indonesia antara lain industri otomotif, konveksi, elektronik, sepatu dan sandal, ban, pengalengan ikan, minuman dan makanan, serta pupuk.


3.       Aktivitas Ekonomi di Bidang Perdagangan

Potensi alam tiap-tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Ada yang kaya potensi alam. Ada pula yang miskin potensi alam. Fenomena ini dipengaruhi oleh kondisi geografis tiap-tiap daerah. Akibatnya, tidak setiap daerah mampu menghasilkan barang yang dibutuhkan masyarakat setempat. Untuk mengatasi masalah ini berkembang aktivitas perdagangan. Aktivitas ini dilakukan masyarakat untuk menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen. Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang industri.


4.       Aktivitas Ekonomi di Bidang Jasa

Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia dihubungkan selat dan laut. Untuk menjangkau antarpulau dibutuhkan sarana transportasi. Di Indonesia sarana transportasi meliputi transportasi darat, udara, dan laut. Tidak hanya itu, untuk menjalin komunikasi juga diperlukan sarana komunikasi. Kedua sarana ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat di bidang jasa. Aktivitas jasa merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas jasa lainnya antara lain jasa perbankan dan keuangan, jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa konsultasi hukum, jasa pariwisata, dan jasa lainnya. Berkembangnya aktivitas jasa ini memunculkan beragam jenis pekerjaan di bidang jasa.

 

  • ΓΌ  Tugas

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)”. Bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan temantemanmu.

Informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)”

  1. Keragaman ekonomi di Indonesia membuat semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi
  2. Dengan adanya keragaman ekonomi membuka peluang kerja yang lebih banyak
  3. Ketersediaan barang tambang harus dijaga bagi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Selain itu, perlu dicari sumber daya alam alternatif agar sumber daya alam tidak lekas habis.
  4. Adanya aktivitas industri dapat meningkatkan nilai dan kualitas suatu barang.
  5. Aktivitas ekonomi dilakukan masyarakat untuk  menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen
  6. Aktivitas jasa merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya

 Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa aktivitas ekonomi yang juga banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, antara lain: (1) Aaktivitas ekonomi di bidang pertambangan. Kekayaan alam Indonesia tidak hanya ada dipermukaan tetapi juga ada di dalam perut bumi, sehingga memunkinkan masyarakatnya untuk melakukan aktivitas pertambangan, (2) Aktivitas ekonomi di bidang industri. Dalam bidang industri memungkinkan masyarakat mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi sehingga akan menambah nilai jualnya, (3) Aktivitas ekonomi di bidang perdagangan. Aktivitas ini memungkinkan masyarakat memenuhi kebutuhan yag tidak mereka miliki, dan (4) Aktivitas ekonomi di bidang jasa. Dalam bidang jasa, masyarakat memberikan layanan kepada masyarakat lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai contoh adalah layanan trasnportasi dan layanan komunikasi.

Nah, sekarang kalian semakin banyak tahu kan berbagai macam aktivitas ekonomi yang dijalani oleh masyarakat di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat ya..




Posting Komentar untuk " Keragaman Ekonomi Indonesia (2)"