Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keunikan Kota Tangerang (Kota 1000 Industri)

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Keunikan Kota Tangerang (Kota 1000 Industri)".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Tangerang merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Banten, ujung barat pulau jawa. Kota Tangerang memiiki julukan unik yaitu kota 1000 industri. Selain julukan tersebut apa keunikan lain dari Kota Tangerang? Mari, kita cari tahu.


Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.

Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas 4 anak. Lakukan kegiatan berikut dan berdiskusilah.

1.       Cari tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.

Pekerjaan masyarakat kota tangerang antara lain: wirausaha, pedagang, pengrajin, buruh pabrik, guru, dokter, montir, supir, dan lainnya

2.    Di Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu dapat mencari tahu nama-nama bangunan tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama bangunan dan keunikannya pada kotak berikut.

No

Bangunan

1

Museum Benteng Heritage

2

Vihara Padumuttara

3

Taman Makam Pahlawan Seribu dan Monumen Lengkong

4

Masjid Jami Kali Pasir

5

Reruntuhan Benteng/Kota Benteng

6

Kelenteng Boen Tek Bio

7

Pasar Lama Tangerang

8

Museum Benteng Heritage

 

Ayo Membaca

Bacalah cerita fiksi mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet. Setelah kamu membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.

1.       Menceritakan tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?

Legenda Banjir Sungai Cisadane

Legenda ini mengisahkan tentang dua ekor ular penunggu Sungai Cisadane yang selalu ingin lebih unggul meski keduanya adalah kakak adik. Kemudian mereka berpisah. Si kakak, Naga, ditugaskan oleh dewa ke muara Sungai Cisadane. Ketika Naga menuju muara, ia harus meluapkan Sungai Cisadane agar dapat dengan cepat menuju laut. Si adik, Gede, yang ingin menemui kakaknya pun harus melewati Sungai Cisadane. Ketika melewati Sungai Cisadane untuk bertemu itulah banjir besar terjadi di Kota Tangerang.

2.  Adakah tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya dalam cerita itu.

Tokoh dalam cerita Legenda Banjir Sungai Cisadane yaitu Naga (kakak), Gede (adik), Dewa

 

Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.

Ayo Mengamati

 

1.   Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Di pabrik ban yang bekerja adalah pekerja laiki-laki, sedangkan di pabrik sepatu para pekerja kebanyakan pekerja perempuan tetapi masih ada pekerja laki-laki. Persamaan pada keduanya adalah adanya pekerja laki-laki pada kedua pabrik tersebut

2.  Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya. Tuliskan pada kotak berikut.

Industri minyak kelapa, yang bekerja di industri minyak kelapa merupakan masyarakat sekitar sebagai buruh harian dan karyawan

 

Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersihkan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam.  Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.

Ayo Berlatih

1.       Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?

Sifat untuk menghargai perbedaan baik kebudayaan,suku,ras dan agama bisa timbul dengan adanya keberagaman karakteristik individu membuat pencerahan supaya lebih saling dan bisa menghargai perbedaan. Terutama untuk dilakukan di sekolah dengan saling menghargai perbedaan karakteristik dan meningkatkan toleransi dengan teman-teman yang ada disekolah tanpa sesekali memandang perbedaan.

2.       Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?

Sikap terhadap teman yang pendiam adalah dengan mendekatinya dan mengajaknya bermain bersama

3.       Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?

Sikap terhadap teman yang berbeda agama adalah dengan menghormati teman tersebut dalam hal beribadah sesuai dengan ajaran agamanya

4.       Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?

Sikap terhadap teman yang berasal dari daerah lain adalah dengan menjalin pertemanan dengan mereka. Berteman dengan mereka dapat menambah ilmu dan informasi mengenai daerah mereka tinggal

Julukan Kota Tangerang sebagai kota 1000 industri sangat cocok karena di sana berdiri lebih dari 1000 pabrik. Oleh karena itu kegiatan ekonomi yang ada di Kota Tangerang sangat beragam, mulai dari pekerja di pabrik sepatu, pekerja di pabrik ban, pekerja di sekolah, pekerja di rumah sakit, dan lain sebagainya. Beragamnya pekerja yang ada juga pasti memilki keragaman karakteristik. Untuk menyikapi keragaman karakteristik ini kita harus memilki sikap toleransi, agar tetap terjalin persatuan dan kesatuan dan menghindari perpecahan.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Keunikan Kota Tangerang (Kota 1000 Industri)"