Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban "Lestarikan Hewan Langka"

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Kunci Jawaban Lestarikan Hewan Langka".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua. 

Beberapa jenis hewan yang ada di Indonesia jumlahnya semakin sedikit, ini dapat disebabkan oleh adanya perburuan liar atau perusakan lingkungan dimana mereka biasa mencari makan. Jika terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan hewan-hewan tersebut akan terancam punah. Oleh karena itu kita perlu mencari cara agar hewan-hewan yang terancam punah dapat berkembangbiak dengan baik, sehingga akan terus menambah jumlah dari jenisnya.


Lestarikan Hewan Langka



Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia. Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

  1. melakukan penangkaran hewan langka.
  2. mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:

  1. menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
  2. melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
  3. memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

 

Jawab pertanyaan berikut.

1.       Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?

Karena hewan-hewan langka saat ini jumlahnya semakin sedikit, jika tidak dilestarikan hewan-hewan tersebut akan punah.

2.       Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?

Apabila terdapat hewan punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan di dalam ekosistem tersebut.

3.       Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?

Kita dapat menghimbau kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan cara menjaga agar hewan tidak mengalami kepunahan.

4.       Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.

Manfaat melestarikan hewan langka berarti melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

5.       Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?

Sebagai warga negara yang baik kita wajib ikut dalam menjaga alam sekitar. Contohnya ialah hewan yang punah.kita harus berusaha untuk mencegah kepunahan supaya alam kita masih terjaga dan menjaga keanekaragaman flora dan fauna.

6.       Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?

Jika kewajiban warga negara dalam pelestarian hewan langka tidak dilaksanakan maka hewan akan mengalami kepunahan dan keragaman fauna akan berkurang.

 

Sebagai warga negara yang baik, kita semua memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian sumber daya alam seperti hewan. Ketika ada salah satu jenis hewan punah, maka akan mempengaruhi kehidupan hewan lain sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada. Jadi mari ikut serta dalam upaya pelestarian hewan langka. Salah satu caranya adalah kalian bisa menghimbau masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban "Lestarikan Hewan Langka""