Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban "Raja Purnawarman, Panji Segala Raja"

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Kunci Jawaban Raja Purnawarman, Panji Segala Raja".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Raja Purnawarman merupakan raja besar Kerajaan Tarumanegara. Beliau berjuang untuk rakyatnya dengan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, memerangi bajak laut, dan membasmi perompak. Mari, kita simak cerita lebih lanjut mengenai Raja Purnawarman dibawah ini!

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja



Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Bagaimanakah perjuangan para tokoh di masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam? Bagaimanakah sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun

 

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

1.       Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Raja Purnawarman memperbaiki aliran sungai Gangga di daerah Cirebon, memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan, berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utaa kerajaan.

2.       Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Sikap kepahlawanan yang dimiliki Raja Purnawarman adalah memperhatikan kesejahteraan rakyat, berani, dan pantang menyerah dalam memberantas kejahatan untuk kesejahteraan rakyat

3.  Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

Dampak dari perjuangan Raja Purnawarman bagi rakyatnya adalah rakyat senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai Cupu sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan rakyat di kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera karena Raja Purnawarman berhasil membasmi para perompak

4.   Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Jika Kerajaan tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarma yang selalu berjuang untuk rakyatnya dan gagah berani,kehidupan rakyat tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan membasmi para perompak

5. Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar.

Raja Purnawarman adalah raja dari kerajaan Tarumanegara yang hidup dimasa kerajaan Hindu. Raja Purnawarman merupakan raja yang selalu berjuang untuk rakyatnya. Beliau memperbaiki saluran sungai agar dapat mengairi seluruh wilayah kerajaan dan membuat sawah subur serta tidak menderita kekeringan pada musim kemarau. Selain itu Raja Purnawarna juga dengan berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan untuk membasmi perompak yang ada diwilayahnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Sebagai wujud kecintaan rakyat Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasastti Ciareteun.

 

Raja Purnawarnam merupakan pahlawan bagi rakyatnya. Beliau selalu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Hal tersebut dibuktikan dengan memperbaiki saluran sungai untuk pengairan, membentuk armada laut untuk membasmi perompak di perairan barat dan utara kerajaan. Sikap kepahlawanan yang dapat kita teladani adalah memperhatikan kesejahteraan rakyat, berani, dan pantang menyerah dalam memberantas kejahatan.

Semoga bermanfaat ya..



 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban "Raja Purnawarman, Panji Segala Raja""