Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Sanksi Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Kunci Jawaban Sanksi Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Menjaga lingkungan dan sumber daya alam merupakan sebuah kewajiban bagi setiap warga negara. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkugan dan sumber daya alam, salah satunya adalah mendaur ulang sampah, limbah, dan barang-barang bekas yang tidak terpakai menjadi barang baru yang berdaya guna sehingga memiliki nilai tambah. Jika kewajiban ini kamu laksanakan, tentunya lingkungan alam sekitarmu akan tetap terjaga dan lestari. Namun sebaliknya, apa yang akan terjadi jika kewajibanmu menjaga lingkungan lama tidak kamu laksanakan? Tentunya akan banyak terjadi masalah bahkan bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan menjangkitnya penyakit karena sampah.

Hal yang demikian juga berlaku pada sendi kehidupan yang lain. Oleh karena itu, pelaksanaan hak dan kewajiban haruslah berjalan seimbang agar kehidupan dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib, dan semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik pula.

 

Akibat tidak melaksanakan kewajiban

Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus, kamu harus belajar terlebih dahulu.

Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang.

1.       Jika ingin sehat, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu.

2.       Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.

3.       Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.

Itulah contoh sederhana pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang dan dapat dilakukan sehari-hari. Bagaimana dengan kewajiban sebagai warga negara? Apakah kamu telah melaksanakan kewajibanmu?

 

Ayo Berdiskusi

Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

1.       Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?

Orang yang mengabaikan keajiban harus diberi sanksi karena kewajiban merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan, mengabaikan kewajiban berarti mengabaikan peraturan-peraturan yang telah berlaku dimasyarakat. Kewajiban itu ada untuk mengatur ketertiban masyarakat.

2.       Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban.

Tuliskan pada tabel berikut

No

Kewajiban yang Dilanggar

Contoh Sanksi

1

Melaksanakan piket kelas

Dihukum, kelas menjadi kotor

2

Mengankat tangan ketika akan bertanya

Kelas menjadi rebut

3

Mendengarkan penjelasan guru

Tidak paham materi yang disampaikan

4

Mengumpulak tugas tepat waktu

Dihukum, nilainya kurang

5

Datang ke sekolah tepat waktu

Ketinggalan pelajaran

 

Kewajiban merupakan suatu hal yang harus kita lakukan agar kita bisa menuntut hak. Setiap pelanggar kewajiban patut untuk dikenakan sanksi, agar untuk selanjutnya pelanggar akan jera dan tidak mengulangi perbuatannya. 

Ketika di rumah apa kewajiban mu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan rumah? Apa sanksi yang kamu terima jika tidak melaksanakan kewajiban itu? Kamu bisa berdiskusi dengan teman sebangku mu.

Semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Sanksi Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban"