Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Lingkungan bagi Manusia

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Manfaat Lingkungan bagi Manusia".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Manusia dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Manusia membutuhkan lingkungan sebagai penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya yang ada dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan penunjang aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

Ayo Membaca

Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

1.       Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan

Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu   mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2.       Lingkungan sebagai Tempat Bekerja

Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya

3.       Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan hidup jika keadaan lingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

 

Ayo Berlatih

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?

Lengkapi peta pikiran berikut.

 

1.       Agar lebih memahami bacaan di depan, coba temukan kata-kata yang sulit kamu pahami artinya.

Kata

Arti

Delegasi

Perwakilan atau utusan

Interpretasi

Pemberian kesan

Rekonsiliasi

Perbuatan memulihkan

Konservatif

Bersikap mempertahankan keadaan

Vakum

Kosong

Otonomi

Hak, wewenang, dan kewajiban

Visualisasi

Penampilan suatu informasi

Virtualisasi

Pembuatan suatu bentuk

Komoditi

Sesuatu benda nyata yang relative mudah diperdagangkan

Saham

Surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan

 

2.       Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!

Kesimpulanku

Lingkungan merupakan sesuatu yang ada disekitar manusia yang mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang tidak terpolusi oleh udara yang kotor, lingkungan yang bersih, dan tidak ada.

 

Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

No

Manfaat Lingkungan

1

Sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup

2

Sebagai tempat mencari makan

3

Sebagai tempat untuk melakukan aktivitas

4

Sebagai tempat bersosialisasi sesama manusia

5

Sebagai tempat tinggal

 

Begitu banyak manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu kita memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan agar kita dapat memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, tetapi dalam memanfaatkan lingkungan harus dengan bijak dan bertanggung jawab tentunya.

Semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar untuk "Manfaat Lingkungan bagi Manusia"