Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mari, Mengenal Ki Hajar Dewantara

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Mari, Mengenal Ki Hajar Dewantara".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua. 

Pendidikan tidak lepas dari sejarah bangsa Indonesia. Banyak para tokoh pahlawan bangsa yang memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu pahlawan Indonesia yang memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan. Ki Hajar Dewantara dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional.


Ki Hajar Dewantara


Nama asli Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Suwardi Suryaningrat. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.

Raden Mas Suwardi Suryaningrat menamatkan pendidikan dasar di Yogyakarta dan sempat melanjutkan pendidikannya di Stovia. Stovia adalah sekolah kedokteran di Jakarta yang didirikan khusus untuk orang Indonesia. Kemampuannya berbahasa Belanda digunakannya untuk menuliskan kritikankritikan terhadap pemerintah Belanda.

Pada tanggal 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa, yaitu sekolah nasional pertama bagi rakyat Indonesia. Taman Siswa merupakan bentuk nyata perjuangan melawan penjajah karena beliau yakin bahwa pendidikan akan membantu mencapai tujuan yaitu kemerdekaan bangsa.

Jasa Ki Hajar Dewantara sangatlah besar dalam dunia pendidikan. Beliau mendapat gelar ‘Bapak Pendidikan Nasional’ dan tanggal lahirnya, 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

 

Berdasarkan teks, jawablah pertanyaan berikut!


Ki Hajar Dewantara adalah pahlawan pendidikan Indonesia. Berkat beliau, kita bisa bersekolah seperti sekarang. Ki Hajar Dewantara adalah pahlawan yang pantang menyerah dan tidak pernah gentar dalam memperjuangkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Mari memaknai semangat perjuangan Ki Hajar Dewantara dengan menyanyikan lagu maju tak Gentar.

 

Salah satu nilai kepahlawanan adalah selalu memperhatikan dan belajar dari lingkungan sekitar kita. Sikap tersebut perlu diteladani oleh seorang pelajar. Sebagai seorang pelajar kita juga harus giat belajar dan bekerja keras untuk meraih cita-cita. Banyak-banyaklah membaca, karena membaca adalah jendela dunia. Selamat belajar...

Semoga bermanfaat ya..



 

Posting Komentar untuk "Mari, Mengenal Ki Hajar Dewantara"