Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Sebelumnya kalian telah belajar hubungan antara gaya dan gerak. Apakah kalian masih ingat hubungan antara gaya dan gerak benda?

Ya, hubungan gaya dan gerak antara lain: gaya memengaruhi benda diam menjadi bergerak, gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam, gaya memengaruhi perubahan bentuk benda, dan gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda. 

Setelah kalian mengingatnya, kali ini kita akan belajar tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda bersama Dayu. Mari, beajar bersama!

Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.




Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.

Macam Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda

  1. Benda diam menjadi bergerak
  2. Mengubah arah gerak benda
  3. Benda bergerak menjadi diam
  4. Memperbesar kecepatan gerak benda
  5. Memperkecil kecepatan gerak benda          

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.

  1. Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.
  2. Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam table berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.


Menempel Gambar Peristiwa Gerakan Benda

No

Peristiwa Gerakan

Benda

1

Gaya mengakibatkan benda diam menjadi bergerak

2

Gaya mengakibatkan perubahan arah gerak benda

3

Gaya mempengaruhi besarnya kecepatan gerak benda


Setelah memahami penjelasan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda kalian bisa mencari contoh kegiatan lain yang memanfaatkan gaya untuk menggerakan suatu benda. Kalian bisa mencari contoh secara individu atau secara berkelompok.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Pengaruh Gaya Terhadap Gerakan Benda"