Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tahapan Pertumbuhan Tanaman Padi

  Edu - Hallo Anak - anak semua, kali ini kita akan belajar materi yang ada di buku siswa. Dan edu akan berikan contoh Tahapan Pertumbuhan Tanaman Padi".

materi dan Contoh jawaban dalam postingan ini bisa dijadikan acuan dan mendampingi belajar buat ayah dan bunda dirumah. Semua bersumber dari buku siswa. terimakasih ayah bunda dan anak - anaku semua.

Makanan merupakan kebuthan pokok manusia untuk bertahan hidup. Makanan yang dikonsumsi hendaklah makanan yang memiliki nilai gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, dan lain sebagainya. Salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah nasi. Apakah kamu tahu bahwa nasi berasal dari beras, dan beras berasal dari padi?

Mari, kita mengenal padi.


Padi adalah tanaman yang sangat penting di Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk Indonesia yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai lumbung padi nasional. Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air mengalir supaya perkecambahan benih terjadi bersamaan. Selanjutnya, benih-benih ini ditanam di lahan sementara. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah. Biji atau benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan. Bakal akar dan tunas menonjol keluar. Lalu, batangnya memanjang. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan pupuk pada tanaman ini. Selanjutnya, tanaman padi berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarna kuning. Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini nantinya yang akan dijadikan benih lagi.

Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hari hingga 130 hari. Setelah panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga sekam (kulit padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.

 

Jawablah pertanyaan berikut.

1.       Apa isi bacaan di atas?

Isi bacaan diatas adalah mengenai tahap pertumbuhan tanaman padi

2.       Mengapa tanaman tersebut penting bagi masyarakat Indonesia?

Tanaman padi penting bagi masyarakat karena sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagi makanan pokok

3.       Di mana tanaman tersebut dapat tumbuh?

Tanaman padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi

4.       Berapa lama proses tanaman tersebut tumbuh?

Tahap pertumbuhan tanaman padi berlangsung antara 110 hari sampai 130 hari

5.       Apa yang dimaksud dengan gabah?

Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi)

 

Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong adalah beberapa di antaranya. Di daerahmu pasti banyak tumbuhan yang dapat dimanfaatkan. Ada mangga, pisang, seledri, tebu atau lainnya. Pilihlah salah satu tanaman yang sering kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang tanaman tersebut. Pertanyaanmu harus dapat menjawab rasa ingin tahumu.

 

Ayo Berdiskusi!

Kamu sudah belajar tentang bagaimana padi tumbuh. Isilah diagram berikut berdasarkan bacaan di atas.


Diskusikanlah hasilnya bersama temanmu.

Berdasarkan diagrammu, bagian mana yang paling penting? Mengapa? Apa dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah?

Bagian yang paling penting dari tananaman padi adalah bijinya. Karena biji akan tumbuh menjadi bakal akar dan tunas menonjol keluar lalu batangnya memanjang. Pada masa tumbuh padi sangat menentukan bagaimana perkembangan selanjutnya. Jika pada fase perkembangan mengalami kegagalan maka tanaman padi tidak bisa tumbuh/gagal tumbuh.

 

Diskusikan pendapatmu dengan temanmu.

Karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat, tanaman padi bisa saja berkurang jumlahnya . Oleh sebab itu, petani harus menjaganya. Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapat dinikmati masyarakat Indonesia.

  1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.
  2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.
  4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.
  5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yang meningkat akan meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi.

Padi merupakan salah satu tanaman yang menjadi makanan pokok (beras) bagi masyarakat Indonesia. Selain padi juga ada jagung, singkong, dan ubi. Padi dan sumber makanan pokok lainnya merupakan sumber daya alam hayati yang harus dijaga kelestariannya. Keberadaan padi dan sumber makanan pokok lainnya sangat penting guna menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat Indonesia.

Kita harus bersyukur karena negara kita merupakan negara agraris, dimana sebagaian bersar peenduduknya berprofesi sebagai petani. Sehingga kita dengan mudah dapat memperoleh padi, jagung, singkong, dan ubi yang makanan pokok masyarakat Indonesia.

Semoga bermanfaat ya..



 

Posting Komentar untuk "Tahapan Pertumbuhan Tanaman Padi"